Skip to content

STAND UP FOR STREET AND DISPLACED CHILDREN

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Written by Laila Ika Najla

Anak jalanan termasuk golongan kelompok individu yang rawan dalam hal kesehatan, hidup bersih, dan sehat. Anak jalanan menjadi salah satu masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat, biasanya tinggal di lingkungan yang kurang baik, yakni lingkungan yang tercemar, kurang bersih, dan rendahnya pengetahuan tentang hidup bersih dan sehat. (Buramare, Yudiernawati and Nurmaningsih, 2017)

Menurut perkiraan United Nations Children’s Fund (UNICEF), masih terdapat sekitar puluhan juta anak jalanan di dunia. Berdasarkan data Kementerian Sosial yang diambil dari Dashboard aplikasi SIKS-NG per 26 Mei 2021, terdapat 9.113 anak jalanan di Indonesia.

Seorang anak menjadi anak jalanan umumnya disebabkan oleh lingkungan sosioekonomi berupa kemiskinan, perceraian, perpisahan kedua orang tua, kematian orang tua, penyalahgunaan alkohol dan psikotropika, serta putus sekolah. Hal tersebut berpengaruh pada perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak jalanan yang terabaikan. (Mansoorah et al., 2020)

PHBS

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan beragam perilaku yang bisa meningkatkan kemandirian dalam kesehatan dan mewujudkan kesehatan di masyarakat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai kebiasaan agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan. Oleh karena itu, anak jalanan membutuhkan pengetahuan tentang PHBS antara lain :

  1. Cuci tangan yang baik dan benar
  2. Tidak merokok
  3. Makan dengan gizi seimbang
  4. Penggunaan air bersih, dan sebagainya.

Dengan mengetahui PHBS ini diharapkan anak jalanan akan lebih peduli terhadap kesehatannya.

Daftar Pustaka

https://puspensos.kemensos.go.id/perlindungan-anak-jalanan-di-era-pandemi

Buramare, M., Yudiernawati, A. and Nurmaningsih, T. (2017) ‘Pengetahuan anak anak jalanan (usia sekolah) berhubungan dengan pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)’, Nursing News, 2(2), p. 71-79. Available at: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/466 .

Mansoorah, A. et al. (2020) ‘Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Jalanan di Tambun Selatan Kota Bekasi’, Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 2(1), p. 68-71. Available at: https://doi.org/10.29313/jiks/v2i1/4337 .