Skip to content

EXCHANGE CLASS

SCOPE CIMSA FK UNS

Dalam hal meningkatkan kualitas diri contact person dalam exchange SCOPE nantinya, maka diadakan pelatihan dasar yang mengajarkan cara berkomunikasi yang baik secara efektif dan efisien. Selain itu, diadakan juga kegiatan mengenai pengetahuan umum yang harus diketahui mengenai keberlangsungan acara pertukaran yang dilakukan oleh incoming. Hal ini dilakukan guna membantu incoming agar tidak mengalami situasi yang tidak mengenakan selama masa exchange. Dengan komunikasi yang baik juga dapat memperkecil para incoming untuk mengalami culture shock yang dapat berpengaruh terhadap kualitas exchange yang mereka jalani.

SCOPE CIMSA adalah salah satu dari enam Standing Committee CIMSA yang bergerak dalam professional exchange. Hal tersebut membuat banyak incoming dari seluruh dunia yang datang ke Indonesia untuk melakukan exchange. Oleh karena itu, member SCOPE harus mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan mereka. Hal inilah yang melatarbelakangi dilaksanakannya Exchange Class SCOPE. Tujuan dari Exchange Class ini adalah untuk mempersiapkan anggota SCOPE, khususnya batch 2020, untuk menyambut incoming dan menjadi contact person yang baik. Selain itu, melalui Exchange Class, SCOPE dan anggota yang masuk dapat saling berinteraksi untuk mengetahui lebih dalam tentang budaya masing-masing, serta dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggota SCOPE dalam berkomunikasi.

Exchange Class yang dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2021 secara online melalui zoom meeting ini terdiri dari beberapa sesi, seperti sesi training, sesi incoming, sesi outgoing, pengenalan LEC, video RS Moewardi, sesi roleplay, pretest, dan posttest. Pembicara pada sesi training adalah Nasya, pembicara pada sesi incoming adalah Stefana Luca, dan pembicara pada sesi outgoing adalah Faizah Nur Narendra. Masing-masing pembicara menjelaskan materi terkait exchange. Di akhir setiap sesi juga terdapat sesi tanya jawab, sehingga member SCOPE dapat berinteraksi dengan para pembicara. Semua member sangat antusias mengikuti setiap sesi di Exchange Class.

Member SCOPE sangat senang pada sesi incoming karena sesi tersebut dapat melatih kepercayaan diri member baru SCOPE dan meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. Hal ini disebabkan karena bahasa inggris dan rasa percaya diri adalah modal utama untuk menjadi contact person. Selain itu, member SCOPE juga diberikan tips and trick menjadi contact person yang baik dalam menyambut incoming. Lalu, semua pembicara diberikan sertifikat sebagai apresiasi atas kontribusinya dalam Exchange Class. Kemudian, selama sesi roleplay, member SCOPE dilatih untuk berbicara bahasa Inggris. Saat sesi breakout room zoom, anggota scope dibagi menjadi 4 grup, setiap grup terdiri dari member SCOPE 2019 dan member SCOPE 2020 lalu diberikan sebuah kasus, sehingga setiap member mengembangkan setiap kasus menjadi suatu topik pembicaraan. Terakhir, seluruh member berfoto untuk mengabadikan momen kegiatan Exchange Class.

Tags: