Skip to content

EXPRESSION 2021

SCORE X SCOPE CIMSA FK UNS

Dalam era globalisasi ini, remaja sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat melanjutkan pembangunan di Indonesia. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui pendidikan. Melalui pendidikan, remaja dapat memperluas pengetahuan dan keterampilan dirinya. Hal ini menjadikan pendidikan sangat penting, khususnya dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa dalam mengelola berbagai informasi yang ada.

Sayangnya, kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih bisa dikatakan belum mampu menyaingi negara-negara lain. Dalam bidang pendidikan, Indonesia mengalami ketertinggalan dibanding dengan ASEAN lain seperti Singapura dan Malaysia. Upaya pemerintah dalam mengejar ketertinggalan ini tercantum dalam Pers Depdiknas, yang mengatakan bahwa Indonesia menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dengan sembilan negara berpenduduk terbesar dunia (E-9). Indonesia akan mempelajari model pendidikan dari negara lain dan sebaliknya.

Program untuk saling mempelajari model pendidikan itu dilaksanakan dalam bentuk pertukaran pelajar, pertukaran pengajar, dan kurikulum. Program pertukaran pelajar memberikan gambaran bagaimana pelajar-pelajar di berbagai dunia memperoleh pendidikan dan standar pendidikan yang diterapkan. Menurut Departemen Pendidikan Nasional, program ini bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan merajut persahabatan antarbangsa.

Di CIMSA terdapat 2 SCO yang bekerja untuk ranah program pertukaran pelajar, yaitu SCOPE dan SCORE.  Untuk SCOPE sendiri, mereka mengurus program pertukaran pelajar bagi mahasiswa yang berminat menjalankan clerkship di luar negeri, sedangkan SCORE mengurus program pertukaran pelajar bagi mahasiswa  yang berminat untuk menjalankan penelitian di luar negeri. Banyak dari mahasiswa kedokteran tidak tahu bahwa CIMSA memberi kesempatan mahasiswa kedokteran untuk menjalankan program exchange tersebut. Banyak juga yang tidak mengetahui alur untuk menjalankan program ini. Maka dari itu, SCOPE dan SCORE bekerja sama dalam menyelenggarakan Exchange Fair yang bertujuan untuk mempromosikan dan memberikan informasi mengenai program pertukaran pelajar (exchange).

Exchange Fair SCORE SCOPE in this Session (EXPRESSION) merupakan acara yang dibuat oleh SCORE SCOPE CIMSA FK UNS yang bertujuan untuk mempromosikan kegiatan pertukaran mahasiswa kedokteran dalam research exchange maupun professional exchange sehingga memberikan kesempatan terbuka kepada seluruh mahasiswa kedokteran di Indonesia untuk ikut serta dalam program pertukaran tersebut.

EXPRESSION diselenggarakan pada tanggal 17, 18 April 2021. Pada hari pertama EXPRESSION, SCORE-SCOPE CIMSA FK UNS membawakan materi mengenai pengenalan IFMSA exchange, materi mengenai alur penerimaan beasiswa dari pihak eksternal, pelatihan berbicara bahasa Inggris dan pembuatan abstrak, serta campaign yang diadakan melalui instagram story. Hari kedua dari acara ini yaitu sharing session with Outgoing SCORE-SCOPE CIMSA FK UNS, roleplay menjadi outgoing, dan alur pendaftaran research and professional exchange. Di Indonesia, ada sebagian mahasiswa kedokteran yang ingin mengikuti exchange tetapi tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai lembaga yang menyediakan exchange, alur, dan penerimaan beasiswa. Oleh karena itu, SCORE SCOPE CIMSA FK UNS ingin membantu meningkatkan wawasan mahasiswa kedokteran mengenai exchange. Kemudian, rangkaian acara ditutup dengan campaign peserta yang mengikuti EXPRESSION dengan mengupload “bingo” dan membuat video menggunakan filter yang sudah dibuat oleh SCORE CIMSA FK UNS dan di upload di Instagram masing masing pada H+3 kegiatan.