Skip to content

KURMA

SCOPH CIMSA FK UNS

SCOPH CIMSA UNS memeringati Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November 2017. Pada tahun ini SCOPH memiliki dua rangkaian acara yang diadakan di tempat berbeda, yaitu di Car Free Day Slamet Riyadi Surakarta, dan di SDN Sanggrahan RW 18 Jebres Surakarta.

Acara pertama dilaksanakan pada hari Minggu 18 November 2018 di CFD Slamet Riyadi Surakarta. Acara pertama perayaan Word Diabetes Day adalah campaign yang dilakukan oleh 15 member SCOPH dan SCORE CIMSA UNS. Pada campaign yang mengangkat tema “Diabetes and Family” ini, kami berhasil menyampaikan campaign kepada 50 orang. Masyarakat terlihat antusias dan menyimak campaign dengan baik. Acara pertama ini diakhiri bersamaan dengan berakhirnya Car Free Day sekitar pukul 09.30 WIB. Rangkaian acara yang kedua dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Desember 2018 di SDN Sanggarahan RW 18 Ngoresan Jebres Surakarta. Rangkaian acara di hari kedua adalah talkshow dan cek kesehatan dan konsultasi dokter gratis. Kali ini, SCOPH CIMSA UNS berkesempatan untuk bekerjasama dengan PERSADIA (Persatuan Diabetes Seluruh Indonesia) cabang Surakarta. Acara diawali pagi hari pukul 09.00 WIB diawali oleh sambutan dari LPO SCOPH CIMSA UNS Misha Elshaddai, kemudian sambutan dari Project Officer Irfan Bari. Acara di hari kedua ini diikuti oleh dua puluh empat warga RW 18 Ngoresan dengan talkshow yang diisi oleh dokter dari PERSADIA, yaitu Fathurrahman Andiyoga, dr. dan Nindya Putri,dr. dengan moderator Enni Hazizah P selaku CDC (Community Development Coordinator) CIMSA UNS. Talkshow berisi materi tentang diabetes, talkshow berjalan dengan baik dan lancar dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Kemudian acara dilanjutkan dengan cek kesehatan gratis yang terdiri dari cek gula darah dan cek tensi gratis, kemudian warga yang hadir juga mendapat konsultasi kesehatan oleh dokter. Acara berlangsung dengan baik, meski ada beberapa kendala teknis dan non-teknis namun hal tersebut dapat diatasi dengan baik. Selama berlangsungnya serangkaian kegiatan Word Diabetes Day ini, SCOPH CIMSA UNS dibantu oleh SCORE CIMSA yang mebantu mengambil data kuisioner untuk Assesment Sikap dan Pengetahuan Responden tentang Diabetes sebagai data PMC (Penelitian Multi Center) SCOPH dan SCORE CIMSA UNS.

Nah, inilah serangkaian perayaan Word Diabetes Day CIMSA UNS. Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat Indonesia semakin sadar untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga dari bahaya penyakit Diabetes. Sekian mengenai project KURMA SCOPH CIMSA UNS.

Tunggu perayaan WDD tahun depan ya!

Tags: