Skip to content

INDONESIAN'S DOCTOR DAY

SCOME CIMSA FK UNS

Hari Dokter Nasional adalah sebuah hari penting yang umumnya dirayakan di organisasi-organisasi kesehatan untuk menghargai jasa-jasa para dokter kepada masyarakat dan kehidupan individual. Hari Dokter Nasional sebagai event dan selebrasi yang diharapkan mampu mengeratkan hubungan antar rekan sejawat dan sebagai support untuk menyatukan member-member SCOME CIMSA UNS dalam suatu konsep project yang sama sehingga akan menjadi selebrasi yang kuat serta membentuk jaringan support antar rekan sejawat dalam project dan memberikan kesadaran pentingnya peringatan ini tidak hanya sebagai seleberasi namun sebagai penghayatan kekuatan dan kekokohan jaringan profesi. Selain itu, Hari Dokter Nasional termasuk ranah kerja SCOME ke 2 dan 3, yaitu Peningkatan dukungan mahasiswa, masyarakat, dan pembuat kebijakan dalam bidang kedokteran dan pemerintahan untuk kesadaran akan urgensi pengembangan pendidikan kedokteran serta memperkuat jaringan support dan sumber daya bagi mahasiswa kedokteran untuk memperkuat pembentukan sumber daya manusia kedokteran yang berkualitas.

IDD (Indonesian Doctor Day) merupakan event dan selebrasi dari SCOME CIMSA UNS untuk memperingati Hari Dokter Nasional yang terdiri dari tiga hari yaitu 22–24 Oktober 2018. Aktivitas ini bekerja sama dengan HMPD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kedokteran) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Selain itu, SCOME CIMSA UNS juga mengajak beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret yaitu BEM FK UNS, SCARTA, Kastrat De Geneeskunde, LPM Erythro, PMPA Vagus, MER-C, AMSA untuk turut memeriahkan publikasi aktivitas IDD. Publikasi yang dimaksud adalah berupa design grafis pada OA (official account) masing-masing UKM tentang rangkaian IDD dan peringatan 24 Oktober sebagai Hari Dokter Nasional.

Aktivitas ini terdiri dari 3 rangkaian. Pada hari pertama, yaitu pada tanggal 22 Oktober 2018, dilakukan pemberian bunga untuk para tenaga pengajar (dokter) FK UNS, pemberian bunga ini dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 melalui kelompok Small Group Discussion (SGD/tutorial) dan Skills Lab. Selain itu, ada sesi foto bersama dengan dokter yang di upload ke OA line HMPD.

Pada hari kedua, yaitu tanggal 23 Oktober 2018, dilaksanakan talkshow bersama MSF bertemakan “Penyebaran Dokter di Indonesia dan Kondisi Bekerja Dokter” dengan pembicara dr. Rangi Wirantika Sudrajat seorang medical doctor Medecins Sans Frontiers (MSF) Indonesia.

Pada hari ketiga, tanggal 24 Oktober 2018, dilaksanakan Perayaan Hari Dokter Nasional di kantin basement. Perayaan ini terdapat live music dan penulisan aspirasi serta harapan dari mahasiswa kedokteran FK UNS yang ditulis dalam sticky notes. Selanjutnya, diharapkan rangkaian project dan selebrasi Hari Dokter Nasional melalui IDD (Indonesian Doctor Day) dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan lebih baik lagi mengingat urgensi dan manfaat yang dapat diambil dari project ini. Semoga generasi SCOME CIMSA UNS berikutnya dapat membuat project selebrasi Hari Dokter Nasional
menjadi lebih baik.

Tags: